Sabtu, 26 November 2011

TUGAS MINGGU 2


1.      SEBUTKAN APA SAJA FAKTOR LINGKUNGAN INTERNAL DAN BERIKAN ALASAN BAIK FAKTOR INTERNAL MAUPUN EKSTERNAL DAPAT MEMPENGARUHI KEGIATAN SUATU PERUSAHAAN (BUATLAH DENGAN 1 CONTOH KASUS YG ADA / NYATA )
2.      SEBUTKAN APAYG DIMAKSUD DENGAN PERUSAHAAN & BERILAH CONTOHNYA
3.      SEBUTKAN APA SAJA YG TERMASUK FAKTOR PRODUKSI DAN JELASKAN MASING2  PERUNTUKANNYA
4.      APA PERBEDAAN & BERI CONTOHNYA PRODUCER ORIENTED APPROACH DAN CONSUMER ORIENTED APPROACH


Jawab :
1.      Faktor-Faktor Lingkungan Eksternal :
·         Alam & Ekologi
·         Politik & Hukum
·         Perekonomian
·         Pendidikan & Tekhnologi
·         Sosial & Budaya
·         Demografi
·         Hubungan Internasiona
Contohnya :
1.      Lingkungan internal :
·         Pemegang Saham dan Dewan Direksi
Adalah dua bagian penting yang mengatur kegiatan atau jalannya roda perusahaan publik di mana para pemegang saham memiliki kemungkinan untuk mempengaruhi suatu perusahaan dengan hak suara yang dimilikinya sesuai dengan persentase saham yang dimiliki.

2.      Lingkungan Eksternal :
·         Pemasok / Suplier / Suplayer
Membatu perusahaan untuk mendapatkan faktor produksi atau input untuk diolah menjadi keluaran atau output yang memiliki nilai tambah


  1. Perusahaan
Perusahaan adalah suatu kegiatan melakukan aktivitas unit produksi yang menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi atau faoktor-faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang atau jasa agar memuaskan kebutuhan masyarakat dengan tujuan memperoleh keuntungan.
Contoh perusahaan :
·         Perusahaan Tekstil
·         Industri garmen
·         Industri barang & kerajinan
·         Industri elektronik

  1. Yang termasuk faktor produksi :
·         Manusia (men) : tenaga kerja & konsumen
Manusia merupakan faktor yang paling penting menentukan. Manusia yang membuat tujuan & manusia juga yang melakukan proses untuk mencapai tujuan. Tanpa manusia tidak ada pekerjaan.
·         Uang (money)  : modal usaha (kas & phisik)
Uang merupakan alat tukar & alat pengukur nilai. Uang merupakan salah satu yang tidak dapat diabaikan. Karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional, agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.. Hal ini akan berhungungan dengan berapa uang yang harus disediakan untuk membiayai tenaga kerja, alat apa saja yang dibutuhkan, dan berapa hasil yang akan dicapai dari suatu organisasi.
·         Material (bahan) : tanah & sumber-sumber alam
Materi terdiri bahan setengah jadi & bahan jadi. Tanpa materi, organisasin tidak akan mencapai hasil yang dikehendaki.


·         Metode (methods)    : ide, inisiatif produksi, pengambilan keputusan, menanggung resiko.
Dalam pelaksaan kerja diperlukan metode / cara kerja. Metode adalah jalan yang dipakai dalam pelaksanaan kerja suatu tugas dengan memberikan berbagai pertimbangan kepada sasaran, fasilitas yang tersedia, penggunaan waktu, uang & kegiatan usaha.

  1. 1. Producer oriented approach (seller’s market)
Adalah produsen yang berorientasi pendekatan,maksudnya menjual barang dan jasa ke pasar.

2. Consumer  oriented  approach (buyer’s market)
Adalah konsumen yang berorientasi pendekatan,maksudnya membeli barang dan jasa yang dijual oleh produsen dari pasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar