Sabtu, 26 November 2011

TUGAS MINGGU 6


TUGAS  MINGGU 6 :

  1. JELASKAN  PERBEDAAN PASAR  DENGAN  PEMASARAN
  2. BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR INDUSTRI
*PASAR PENJUAL
     3.    APA  YG DIMAKSUD KONSEP  INTI  PEMASARAN
     4.    SEBUT DAN JELASKAN  4 VARIABEL  BAURAN PROMOSI
     5.    SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF  SISTEM  PEMASARAN

Jawab :
  1. Pasar
Pasar adalah sarana bertemunya penjual (yang menawarkan barang dan  jasa) dengan pembeli (yang membeli barang dan jasa) untuk melakukan transaksi jual beli. Yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli & berminat merealisasikan pembeliannya.
Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit / nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan jasa/barang, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikan melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen & mencapau tujuan perusahaan.

  1. Contoh pasar industri :
A.    Jenis pasar industry
-          berdasarkan tempat bahan baku
1.      Industri ekstraktif adalah industri yang bahan baku diambil langsung dari alam sekitar. Contoh : pertanian, perkebunan, perhutanan, perikanan, peternakan, pertambangan.
  1. Industri nonekstaktif adalah industri yang bahan baku didapat dari tempat lain selain alam sekitar.
  2. Industri fasilitatif adalah industri yang produk utamanya adalah berbentuk jasa yang dijual kepada para konsumennya.
    Contoh : Asuransi, perbankan, transportasi, ekspedisi.
-          berdasarkan klasifikasi atau penjenisannya
1.      Industri kimia dasar
Contoh : seperti industri semen, obat-obatan, kertas, pupuk, dan lain-lain
  1. Industri mesin dan logam dasarContoh : industri pesawat terbang, kendaraan bermotor, tekstil, dan lain-lain
  2. Industri kecil
    Contoh : industri roti, kompor minyak, makanan ringan, es.
  3. Aneka industri
    Contoh : industri pakaian, industri makanan dan minuman, dan lain-lain.
B. Pasar Penjual :
·         Penjual bunga rampai
·         Penjual kurma
·         Penjual ikan dipasar
·         Penjual berbagai macam jenis jajanan pasar
  • Penjual buah-buahan, sayur mayur


3.      Konsep inti pemasaran
-          Kebutuhan manusia (human need) : keadaan dimana seseorang merasa kehilangan sesuatu.
-          Keinginan manusia (human wants): pola kebutuhan manusia yang dibentuk oleh kebudayaan dan kepribadian individu.
-          Permintaan : keinginan manusia yang didukung daya beli.
-          Produk : segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki, digunakan atau di-konsumsi dan yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan, meliputi obyek2 phisik, jasa, orang, tempat, organisasi dan ide.
-          Nilai dan kepuasan: cara konsumen memilih sebagian besar produk yang memenuhi suatu kebutuhan tertentu dengan membuat pilihan pembelian berdasarkan persepsinya mengenai nilai produk.
-          Pertukaran : tindakan untuk memperoleh obyek yang diingin-kan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya.
-          Transaksi : perdagangan antara dua pihak yang melibatkan setidaknya dua benda/hal yang bernilai, syarat-syarat yang disepakati, waktu berlakunya per-janjian dan tempat perjanjian.
-          Hubungan: pemasar yang bijak bekerja untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, distributor, dealer, dan pemasok yang bernilai. Mereka membangun ikatan ekonomi dan sosial yang kuat dengan berjanji dan secara konsisten menyerahkan produk bermutu tinggi, layanan yang baik, dan harga yang wajar.
-          Pasar : himpunan para pembeli aktual dan potensial dari suatu produk.
-          Pemasaran : bekerja dengan pasar untuk mewujudkan per-tukaran demi menawarkan kebutuhan dan keinginan manusia.

4.      Bauran Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing. Variabel promosi atau yang lazim disebut bauran komunikasi pemasaran (Koter, 1997:604):
1.      Sales promotion, yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk dan jasa.
2.      Personal selling, yaitu interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan.
3.      Direct marketing, yaitu melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon dari pelanggan dan calon tertentu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat, telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain.
4.      Advertising, yaitu semua bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.
5.      Public relations and publicity, yaitu berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau produk individual yang dihasilkan.

5.       Strategi kebutuhan primer
Strategi-strategi pemasaran untuk merancang kebutuah primer yaitu:
1. Menambah jumlah pemakai dan
2. Meningkatkan jumlah pembeli.
2. Strategi Kebutuhan Selektif
Yaitu dengan cara :
a. Mempertahankan pelanggan misalnya:
1. Memelihara kepuasan pelanggan;
2. Menyederhanakan proses pembelian;
3. Mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merk;
b. Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier)
1. Mengambil posisi berhadapan (head – to heas positioning)
2. Mengambil posisi berbeda (differentiated positin)
Secara lebih jelas, strategi pemasaran dapat dibagi kedalam empat jenis yaitu:
1. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
2. Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.
3. Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.
4. Merangsang kebutuhan selektif dengan menjaring pelanggan baru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar