1. SEBUTKAN APA FUNGSI MANAJEMEN & APLIKASIKAN PADA DIRI ANDA SEBAGAI SEORANG MAHASISWA SERTA APA MANFAATNYA
2. BAGAIMANA LATAR BELAKANG SEJARAH MANAJEMEN
3. SEBUT & JELASKAN CIRI2 KETERAMPILAN YANG DIBUTUHKAN MANAJER PROFESIONAL
4. APA ITU ORANGANISASI & SEBUTKAN ELEMEN2NYA
Jawab :
- Fungsi manajemen :
· Perencanaan (planning)
· Pengorganisasian (organizing)
· Pengarahan (directing)
· Pengkoordinasian (coordinating)
· Pengawasan (controlling)
ΓΌ Manfaatnya adalah :
· Perencanaan (planning)
Sebagai mahasiswa kita dapat membuat langkah-langkah agar mendapatkan IP atau lulus dengan baik
· Pengorganisasian (organizing)
Membuat struktur kerja dalam melakukan kegiatan kemahasiswaan
· Pengarahan (directing)
Kita dapat mengarahkan tujuan kemampuan atau kemauan kita agar dapat menjadi mahasiswa yang lebih baik lagi
· Pengkoordinasian (coordinating)
Melakukan kerja sama antar teman, kelompok belajar untuk mendapatkan hasil yang memuaskan
· Pengawasan (controlling)
Meninjau seberapa besar kita mawar diri dalam lingkungan sekitar kampus
- Latar belakang sejarah manajemen
Manajemen secara keilmuan terumuskan kurang lebih diakhir abad 18 atau awal abad 19 Masehi. Tokoh yang memperkenalkan manajemen secara keilmuan adalah Robert Own (1771-1858) & Charles Babbage (1792-1871). Robert Own adalah seorang pembaru & industrialis dari Inggris yang merupakan tokoh pertama yang menyatakan perlunya sumber daya manusia di dalam organisasi & kesejahteraan pekerja. Babbage adalah seorang ahli matematika dari Inggris adalah orng yang pertama kali berbicara mengenai pentingnya efisiensi dalam proses produksi, perlunya adanya pembagian kerja & perlunya penggunaan matematika dalam efisiensi penggunaan fasilitas& material produksi tersebut.
Setelah Own & Babbage, tokoh-tokoh manajemen lainnya bermunculan seiring adanya perubahan-perubahan dari revolusi industri & perkembangan kegiatan ekonomi dari satu negara ke negara lain.
- Ciri-ciri keterampilan yang dibutuhkan manajer profesional :
· Bertanggung jawab
· Bertanggung jawab
· Bijaksana dalam mengambil keputusan
· Pengoordinasian baik dengan bawahan
· Toleransi tinggi
- Organisasi
Organisasi adalah suatu stuktur / kumpulan bagian pekerjaan yang menjadi satu dengan peraturan kerja yang ada.
Elemen-elemen Organisasi :
1. Tujuan mencapai cita-cita
2. Interaksi antar anggota
Tidak ada komentar:
Posting Komentar