Sabtu, 26 November 2011

TUGAS MINGGU 5


1. SEBUTKAN APA FUNGSI MANAJEMEN & APLIKASIKAN PADA DIRI ANDA SEBAGAI SEORANG MAHASISWA SERTA APA MANFAATNYA
2. BAGAIMANA LATAR BELAKANG SEJARAH MANAJEMEN
3. SEBUT & JELASKAN CIRI2 KETERAMPILAN YANG DIBUTUHKAN MANAJER PROFESIONAL
4. APA ITU ORANGANISASI & SEBUTKAN ELEMEN2NYA

Jawab :
  1. Fungsi manajemen :
·         Perencanaan (planning)
·         Pengorganisasian (organizing)
·         Pengarahan (directing)
·         Pengkoordinasian (coordinating)
·         Pengawasan (controlling)
ΓΌ  Manfaatnya adalah :
·         Perencanaan (planning)
Sebagai mahasiswa kita dapat membuat langkah-langkah agar mendapatkan IP atau lulus dengan baik
·         Pengorganisasian (organizing)
Membuat struktur kerja dalam melakukan kegiatan kemahasiswaan
·         Pengarahan (directing)
Kita dapat mengarahkan tujuan kemampuan atau kemauan kita agar dapat menjadi mahasiswa yang lebih baik lagi
·         Pengkoordinasian (coordinating)
Melakukan kerja sama antar teman, kelompok belajar untuk mendapatkan hasil yang memuaskan
·         Pengawasan (controlling)
Meninjau seberapa besar kita mawar diri dalam lingkungan sekitar kampus

  1. Latar belakang sejarah manajemen
Manajemen secara keilmuan terumuskan kurang lebih diakhir abad 18 atau awal abad 19 Masehi. Tokoh yang memperkenalkan manajemen secara keilmuan adalah Robert Own (1771-1858) & Charles Babbage (1792-1871). Robert Own adalah seorang pembaru & industrialis dari Inggris yang merupakan tokoh pertama yang menyatakan perlunya sumber daya manusia di dalam organisasi & kesejahteraan pekerja. Babbage adalah seorang ahli matematika dari Inggris adalah orng yang pertama kali berbicara mengenai pentingnya efisiensi dalam proses produksi, perlunya adanya pembagian kerja & perlunya penggunaan matematika dalam efisiensi penggunaan fasilitas& material produksi tersebut.
Setelah Own & Babbage, tokoh-tokoh manajemen lainnya bermunculan seiring adanya perubahan-perubahan dari revolusi industri & perkembangan kegiatan ekonomi dari satu negara ke negara lain.


  1. Ciri-ciri keterampilan yang dibutuhkan manajer profesional :
·         Bertanggung jawab
·         Bertanggung jawab
·         Bijaksana dalam mengambil keputusan
·         Pengoordinasian baik dengan bawahan
·         Toleransi tinggi


  1. Organisasi
Organisasi adalah suatu stuktur / kumpulan bagian pekerjaan yang menjadi satu dengan peraturan kerja yang ada.
Elemen-elemen Organisasi :
1.      Tujuan mencapai cita-cita
2.      Interaksi antar anggota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar